Luhut Bahas Blok Masela di Jepang, Arcandra Batal Ikut

Arnold Sirait
6 Oktober 2016, 17:01
Arcandra Tahar
Katadata

Arcandra Tahar ternyata membatalkan ajakan Pelaksana tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan untuk berkunjung ke Jepang. Kunjungan ini membahas beberapa rencana investasi Jepang di Indonesia, termasuk proyek gas Blok Masela.

Mantan Menteri ESDM ini mengakui, Luhut semula mengajaknya ke Jepang. “Saya memang diajak pergi. Tapi karena ada yang harus dikerjakan, saya memilih untuk di Jakarta,” kata dia kepada Katadata, Kamis (6/10). (Baca: Luhut Ajak Arcandra Presentasi Blok Masela ke Jepang)

Luhut berangkat ke Jepang pada Rabu malam (5/10). Sebelum berangkat ke negara tersebut, ia menyatakan rencananya mengajak Arcandra karena di sana juga akan membahas pengembangan Blok Masela. "Soal Blok Masela saya ajak Pak Arcandra karena beliau yang ahlinya," kata Luhut di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/10) lalu. Sekadar informasi, perusahaan asal jepang, Inpex Corporation, merupakan kontraktor Blok Masela.

Menurut Luhut, Arcandra mempunyai keahlian di sektor minyak dan gas bumi (migas). Apalagi, dia telah dinilai mampu menurunkan  biaya investasi Blok Masela dari US$ 22 miliar menjadi US$ 15 miliar hanya dalam kurun 20 hari saat memangku jabatan Menteri ESDM. (Baca: Menteri ESDM Klaim Investasi Skema Darat Blok Masela Lebih Murah)

Setelah Presiden Joko Widodo memutuskan pengembangan Blok Masela menggunakan skema darat, Inpex masih mengkaji ulang proposal rencana pengembangan lapangan (PoD) blok kaya gas di Laut Arafura itu. Tapi perusahaan asal Jepang ini meminta beberapa insentif melalui surat yang disampaikan kepada Luhut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...