Jokowi Didesak Angkat Kepala PPATK Baru Berekam Jejak Teruji

Miftah Ardhian
6 Oktober 2016, 12:51
Jokowi
Cahyo | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak segera mengangkat dan menetapkan pimpinan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang baru. Desakan ini muncul karena masa jabatan pimpinan PPATK yang sekarang akan berakhir pada 26 Oktober mendatang.

Berbagai pihak, baik lembaga bentukan pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) memiliki kriteria masing-masing dalam memilih pimpinan PPATK. Namun, semua pihak itu bersepakat salah satu syaratnya adalah rekam jejak yang teruji.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif mengatakan, PPATK merupakan mitra strategis KPK dengan adanya pertukaran informasi. Karena itu, persyaratan seleksi pimpinan PPATK harus lebih tinggi dibandingkan pimpinan KPK. Alasannya, informasi yang dimiliki PPATK rawan disalahgunakan dan bersifat rahasia.

(Baca: PPATK Minta Dilibatkan dalam Proses Seleksi Anggota BPK)

Yang terpenting adalah, rekam jejak pimpinan PPATK tersebut haruslah jelas dan teruji. "Kalau belum memiliki rekam jejak yang cukup, terus terang harus dihindari. Jangan mempercayakan orang yang belum teruji. Teruji juga harus dilihat track record-nya" ujar Laode saat diskusi bertema "Mencari Sosok Ideal Pemimpin PPATK" di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Kamis (6/10).

Selain itu, calon pimpinan PPATK harus terbebas dari afiliasi dengan partai politik. Alasannya, PPATK memiliki pengetahuan atas informasi keuangan sehingga menjadi masalah yang besar kalau bisa dijangkau oleh berbagai pihak, terutama partai politik.

Ia menambahkan, pimpinan PPATK juga harus terbebas dari kepentingan perusahaan. Karena itu, Laode menekankan, rekam jejak calon pimpinan PPATK yang baru sangat penting. (Baca: Tak Semua Aset Tax Amnesty Akan Bisa Masuk ke Indonesia)

Sementara itu, Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Asrul Sani menyebutkan empat persyaratan yang harus dipenuhi pimpinan PPATK yang baru. Pertama, mengemban visi dan misi PPATK. Kedua, berintegritas dan bertanggung jawab dengan rekam jejak yang jelas.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...