Harga Gas di Malaysia Lebih Murah karena Subsidi Pemerintah

Anggita Rezki Amelia
11 Oktober 2016, 15:57
Petronas
Arief Kamaludin|KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan harga gas bumi untuk industri lebih rendah sehingga dapat setara dengan negara-negara lain, seperti Malaysia. Dengan begitu, industri di dalam negeri bisa berkembang dan lebih berdaya saing. Namun, ternyata harga gas di negara jiran itu bisa murah karena adanya subsidi dari pemerintah.

Fakta tersebut diungkapkan oleh Presiden Petronas Carigali Muriah Ltd, Mohamad Zaini. Ia mengatakan, harga gas di Malaysia sampai ke pembeli akhir bisa sekitar US$ 4 per mmbtu. Namun, harga tersebut didukung oleh subsidi pemerintah.

Advertisement

Sedangkan jika tanpa subsidi maka harganya bisa lebih tinggi, yaitu mencapai sekitar US$ 8 per mmbtu. “Tergantung lapangan yang ada,” kata dia saat berdiskusi dengan wartawan, di Jakarta, Senin (10/10). (Baca: Berpacu Mengurai Ruwetnya Masalah Harga Gas)

Zaini mengatakan, bisnis gas di Indonesia dan Malaysia sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia, termasuk dalam hal penyediaan pipa. Pipa gas di Malaysia juga dibangun oleh pihak swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pemerintah.

Sebelumnya, dalam rapat terbatas kabinet mengenai harga gas untuk industri di kompleks Istana Jakarta, Selasa (4/10) pekan lalu, Presiden kembali menyoroti tingginya harga gas di dalam negeri sehingga mengganggu perekonomian. Rata-rata harga gas bumi di Indonesia mencapai US$ 9,5 per juta British Thermal Unit (mmbtu). Bahkan, ada yang harganya US$ 11-12 per mmbtu.

Jokowi pun membandingkan dengan beberapa negara jiran, seperti Vietnam yang hanya US$ 7 per mmbtu, Malaysia US$ 4 per mmbtu, dan Singapura US$ 4 per mmbtu. Padahal, Indonesia mempunyai potensi cadangan gas bumi yang sangat banyak. Sebaliknya, Vietnam, Malaysia, Singapura tergolong negara pengimpor gas bumi.

Jokowi pun mematok target harga gas berkisar US$ 5-6 per mmbtu pada akhir November nanti. “Syukur-syukur di bawah itu,” katanya. (Baca: Jokowi Perintahkan Harga Gas Industri US$ 5 Mulai Akhir November)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement