Pemerintah Targetkan Pelabuhan Patimban Dibangun Kuartal I-2017

Safrezi Fitra
12 Oktober 2016, 11:17
Ilustrasi pembangunan pelabuhan
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah menargetkan proyek Pelabuhan Patimban bisa segera dimulai pembangunannya pada kuartal I tahun depan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini sudah ada pertemuan yang intensif antara pihak Indonesia dan Jepang sebagai investor. Pembahasannya juga sudah lebih terperinci mengenai proyek tersebut.

“Saya melihat Patimban bisa segera dimulai pembangunannya. ‎Karena kita butuh betul. Kami ingin itu selesai 2019, untuk stage pertama,” kata Luhut usai melaporkan hasil kunjungannya kepada Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/10).

(Baca: Bappenas: Hanya Jepang yang Tertarik Biayai Pelabuhan Patimban)

Setelah pembangunan tahap awal rampung, setidaknya sudah ada kapal yang bisa beroperasi di pelabuhan tersebut. Sehingga fungsi terminal baru di Pelabuhan Tanjung Priok, yakni New Priok juga bisa dialihkan ke Patimban. Proyek yang masuk dalam proyek strategis nasional ini, pembangunannya ditargetkan selesai seluruhnya pada 2027.

Untuk diketahui, rencana Jepang akan membangun Pelabuhan Patimban yang bisa menampung kontainer sebesar 1,5 juta TEUs. Luhut memperkirakan total investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan pelabuhan ini sekitar Rp 43 triliun atau hampir mencapai US$ 4 miliar.

(Baca: Utang untuk Proyek Pelabuhan Patimban Maksimal Rp 28 Triliun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...