Ekspansi Pasar, Kontraktor Indonesia Incar Infrastruktur di Tanzania

Ameidyo Daud Nasution
17 Oktober 2016, 15:38
infrastruktur
Arief Kamaludin|KATADATA

Kontraktor Indonesia mulai memperluas ekspansi dalam pembangunan infrastruktur di Afrika. Setelah PT Wijaya Karya berpartisipasi dalam membangun jalan tol di Aljazair, perusahaan Indonesia lainnya membidik Tanzania.

Ketua Komisi Nasional Hubungan Antar Lembaga Non Pemerintah Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI) Destiawan Soewardjono mengatakan sejumlah infrastruktur di Tanzania yang diincar di antaranya proyek jalan raya, jembatan, airport, hingga pembangunan pusat perbelanjaan. (Baca: Daya Saing Industri Konstruksi Masih Lemah).

Saat ini kontraktor asing di negara tersebut baru sedikit sehingga persaingannya tidak terlalu ketat. “Secara umum negara ini cukup nyaman untuk kita masuk,” kata Destiawan usai bertemu 21 pengusaha konstruksi Tanzania di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Senin, 17 Oktober 2016.

Menurut dia, kontraktor Indonesia cukup handal di luar negeri. Salah satu produk yang bisa dijajakan adalah beton pre cast andalan Wijaya Karya yang teruji dalam membangun jalan tol di Aljazair. BUMN lainnya yakni PT. Waskita Karya juga berpengalaman dalam membangun pabrik bahan baku bersifat mobile.

Dapat dikatakan secara teknologi kami sudah cukup maju,” kata Direktur PT Wika ini.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Anita Firmanti Eko Susetyowati mengatakan kesempatan ini sangat berharga buat kontraktor Indonesia. Apalagi, dengan menggarap proyek di luar negeri berpotensi memperbesar devisa. Di sisi lain, pasar kontruksi Indonesia akan makin membesar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...