Jokowi Perintahkan Harga BBM di Papua dan Jawa Harus Sama

Safrezi Fitra
17 Oktober 2016, 19:01
BBM Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta PT Pertamina (Persero) mencari solusi agar harga bahan bakar minyak yang dijual di Papua bisa sama dengan di Pulau Jawa. Hal ini ditegaskan Jokowi dalam kunjungannya ke Papua, Senin (17/10).

Kehadiran Jokowi di Papua adalah untuk meresmikan program satu harga BBM di seluruh Indonesia. Dia menjelaskan bahwa program ini harus dilakukan, mengingat selama ini masih terjadi ketidakadilan dalam harga BBM. (Baca: Distribusi Panjang, Harga BBM di Papua Tiga Kali Lebih Mahal)

Jokowi menjelaskan bahwa harga BBM di Pulau Jawa hanya sekitar Rp 7.000 per liter. Sementara di Papua harganya mencapai Rp 100.000 per liter. "Saya tidak bisa seperti itu. Kalau di (wilayah) barat dan tengah (Rp. 7.000 per liter), ya di sini (Papua) harusnya sama harganya,” ujar Presiden dalam keterangannya saat berkunjung ke Papua, Senin (17/10).

(Baca: Harga BBM di Maluku dan Papua Bisa Turun Tahun ini)

Upaya untuk menyamakan harga BBM di Papua dan Papua Barat dengan wilayah lainnya di Indonesia tidaklah mudah. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan kepada Jokowi bahwa jika harga jual BBM di Papua Rp 7.000 per liter, maka Pertamina akan rugi besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...