Pemerintah Targetkan Pengembangan Blok Masela Mulai 2019

Anggita Rezki Amelia
18 Oktober 2016, 19:48
Rig Minyak
Katadata

Pemerintah menargetkan pengembangan Blok Masela bisa dimulai pada tahun 2019 mendatang. Target ini diperoleh setelah Pelaksana tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan kala itu, mengunjungi Jepang dan bertemu petinggi Inpex Corporation selaku kontraktor Blok Masela pada dua pekan lalu.

Ada tiga poin penting dalam pertemuan tersebut. Pertama, Jepang menginginkan pembangunan Blok Masela dilaksanakan dengan baik dan cepat. Kedua, Indonesia-Jepang sepakat mempercepat perencanaan dan rencana implementasi pembangunan Blok Masela. (Baca: Pakai Skema Darat, Proyek Blok Masela Bisa Molor)

Ketiga,  Indonesia akan menghilangkan semua hambatan agar Blok Masela  dapat segera dibangun. “Blok Masela dapat mulai dikembangkan pada tahun 2019,” kata Luhut, seperti dikutip dari  bahan persentasinya dalam  acara "Coffee Morning" di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (18/10) pagi.

Sedangkan Juru Bicara Inpex Corporation Usman Slamet mengatakan, pihaknya dan Kementerian ESDM serta SKK Migas memang rutin untuk membahas secara intensif percepatan rencana pengembangan Blok Masela. "Supaya bisa ada kesamaan pandangan bagaimana proyek ini bisa jalan," katanya usai rapat di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (18/10).

Sebelumnya, Kementerian ESDM tetap membolehkan Inpex membangun kilang pengolahan gas alam cair (LNG) di proyek Blok Masela. Padahal, Luhut mengaku, awalnya ada rencana agar Inpex hanya sampai kegiatan pengeboran di blok kaya gas di Laut Arafura, Maluku tersebut. Adapun proses pengolahan di kilang LNG akan dikerjakan pemerintah.

(Baca: Tak Hanya Mengebor, Inpex Tetap Bangun Kilang Gas Masela)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...