Tepati Janji, Mentan: Tiga Komoditas Pangan Sudah Swasembada

Ameidyo Daud Nasution
21 Oktober 2016, 20:23
Pertanian
Donang Wahyu|KATADATA

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan pemerintah telah memenuhi janjinya mengenai swasembada pangan. Dalam dua tahun Pemerintahan Jokowi-JK, tiga komoditas pangan yang dijanjikan, yakni padi, bawang, dan cabai, sudah swasembada dan tidak perlu lagi bergantung pada impor.

“Janji pemerintah tiga komoditas tidak impor lagi, kami mendapatkan empat, yakni bawang, cabai, padi, dan Jagung,” kata Amran saat memaparkan Capaian Kinerja Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Bina Graha, Jakarta (21/10).

Advertisement

(Baca: Dua Tahun Jokowi, Mendag: Presiden Sering Tegur Harga Pangan)

Dia pun merasa harus meluruskan pemberitaan media mengenai adanya impor beras. Menurutnya informasi ini keliru, karena impor beras sebanyak satu juta ton dilakukan pada tahun lalu. Karena beras ini tertahan di luar negeri, masuk ke Indonesia baru pada Januari 2016.

Amran memastikan stok beras hingga hari ini mencapai dua juta ton. Masih cukup untuk beberapa bulan ke depan. Bahkan untuk beras organik, hasil produksi Indonesia dari 44 kabupaten, sudah bisa di jual ke luar negeri. Harganya pun cukup tinggi, mencapai 66 euro per kilogram, atau sekitar Rp 900.000.

Kementerian Pertanian mencatat produksi padi meningkat 11,7 persen. Sedangkan bawang dan cabai naik masing-masing 1,8 persen dan 3,7 persen. Indonesia sudah tidak perlu lagi mengimpor tiga komoditas tersebut. Bahkan untuk bawang juga sudah bisa ekspor.

Dia mengatakan ada satu komoditas lagi yang sebelumnya impor, sekarang produksinya sudah bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri, yakni Jagung. Produksi jagung mengalami peningkatan yang sangat signifikan, mencapai 21 persen. Biasanya produksi komoditas ini hanya naik 1 persen setiap tahun.

Dari 12 komoditas pertanian, produksinya hampir semua naik, hanya satu yang turun. "Kendala kami hadapi terhadap komoditas kedelai yang turun 7,2 persen," katanya. Untuk komoditas perkebunan unggulan juga produksinya naik. Produksi kelapa sawit naik 14,4 persen, kakao 13,6 persen, kopi 2,4 persen dan karet 0,1 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement