Demi BBM Satu Harga, Pemerintah Bangun Tangki di 8 Daerah

Anggita Rezki Amelia
22 Oktober 2016, 09:00
tangki BBM
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah terus mempersiapkan rencana penyeragaman harga bahan bakar minyak (BBM) alias "BBM Satu Harga" di seluruh Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menggelontorkan dana sekitar Rp 227,2 miliar untuk pembangunan infrastruktur BBM dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau elpiji di kawasan timur Indonesia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, sebesar Rp 136,3 miliar dari total dana tersebut dialokasikan untuk membangun tangki penyimpanan BBM. Dana ini akan dianggarkan untuk tahun jamak mulai 2017 hingga 2018. 

(Baca: Perusahaan Swasta dan Asing Wajib Jual BBM Satu Harga di Papua)

Rencananya, pemerintah akan membangun delapan tangki penyimpanan BBM di wilayah timur Indonesia dan daerah yang terpencil. Delapan lokasi tersebut adalah di Kepulauan Mentawai, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. “Ini sinkron dengan program BBM Satu Harga,” kata Wiratmaja di Jakarta, Jumat (21/10).

Kapasitas tangki yang akan dibangun nantinya sekitar 500 hingga 600 kiloliter (KL). Dengan begitu, tangki ini akan dapat mencukupi kebutuhan BBM di wilayah terpencil selama 2-3 bulan. Adapun proses pembangunannya ditargetkan mulai tahun depan dan beroperasi secara komersial pada 2019. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...