BI Dorong Korporasi Terbitkan Surat Berharga untuk Modal Kerja

Desy Setyowati
24 Oktober 2016, 17:46
Bank Indonesia
Donang Wahyu|KATADATA

Bank Indonesia (BI) tengah mempersiapkan instrumen jangka pendek, seperti  surat berharga komersial (commercial paper). Tujuannya agar korporasi nonbak memiliki alternatif pendanaan jangka pendek untuk membiayai kebutuhan modal kerjanya. Sebab, bank sentral melihat kebutuhan tersebut tidak bisa seluruhnya dipenuhi oleh perbankan.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, korporasi selama ini banyak bergantung pada utang luar negeri untuk pembiayaan modal kerja. “Negara ini tidak bisa hidup atau membangun kalau tidak ada pembiayaan luar negeri,” kata Mirza saat acara diskusi terkait commercial paper di Gedung BI, Jakarta, Senin (24/10).

Dengan adanya  instrumen jangka pendek seperti commercial paper, BI berharap korporasi bisa meminjam dana di dalam negeri. Hal ini juga bertujuan mengurangi tekanan terhadap nilai tukar rupiah.

Mirza mencatat, kredit modal kerja telah mencapai 30-40 persen dari total kredit perbankan yang sebesar Rp 4 ribu triliun. Total kredit bank tersebut baru berkisar 32-35 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Jumlahnya lebih kecil dibandingkan rasio kredit bank negara-negara tetangga yang mencapai 80 persen dari PDB.

(Baca juga: Pacu Kredit, BI Agresif Pangkas Bunga Acuan Jadi 4,75 Persen)

Belakangan, BI menerbitkan peraturan tentang pasar uang. Tujuannya untuk memuluskan penerbitan instrumen-instrumen terkait. Dalam aturan tersebut, BI mensyaratkan adanya pemeringkatan atas instrumen yang diterbitkan korporasi sehingga dapat melindungi kepentingan investor. 

Rencananya peraturan tersebut bakal disusul dengan peraturan tentang instrumen-instrumen terkait, salah satunya commercial paper. “Dengan adanya nanti PBI (Peraturan BI) commersial paper itu korporasi nonbank bisa dapat pendanaan jangka pendek,” ujar Mirza. Jika di luar negeri tenor instrumen tersebut hanya 270 hari, di Indonesia jangka waktunya setahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...