Darmin Sebut 10 Sukses Paket Kebijakan Ekonomi

Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2016, 15:24
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
Arief Kamaluddin | Katadata

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan seluruh paket kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah berhasil mewujudkan 10 capaian. Hal tersebut dikatakan Darmin saat pemaparan hasil kinerja Kabinet Kerja selama dua tahun terakhir ini.

Menurut Darmin, dari 10 capaian tersebut, ada tiga poin yang dianggap sangat sukses. Ketiganya yakni Pusat Logistik Berikat (PLB), izin investasi tiga jam di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), serta sistem pengupahan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 205.

Untuk Pusat Logistik, saat ini sudah ada 28 fasilitas terbangun yang tersebar di penjuru Indonesia. Selain berfungsi untuk mengefisienkan biaya impor barang modal, kehadiran fasilitas tersebut juga mempercepat arus logistik. (Baca: Pusat Logistik Dapat Hemat Cost Recovery Rp 300 Miliar).

Dwelling time di PLB hanya 1,3 hingga 1,4 hari. Sedangkan di luar rata-rata 3,6 hari,” kata Darmin di Bina Graha, Selasa, 25 Oktober 2016. (Baca: Pangkas Waktu Bongkar Muat, Pemerintah Sidak 4 Pelabuhan).

10 Hasil dari Paket Kebijakan Ekonomi
10 Hasil dari Paket Kebijakan Ekonomi (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)

Menurutnya, untuk izin investasi tiga jam hingga Oktober 2016 ini telah dimanfaatkan oleh 130 perusahaan. Mereka bergerak di berbagai sektor dan berlokasi di sejumlah daerah. Sementara itu, untuk sistem pengupahan telah membantu pengusaha mengurangi perundingan saat menjelang akhir tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...