Inpex Masih Berminat Dapat Hak Kelola Blok Mahakam

Anggita Rezki Amelia
25 Oktober 2016, 19:38
Rig Minyak
Katadata

Inpex Corporation menyatakan masih tertarik untuk memiliki hak kelola di Blok Mahakam setelah kontraknya habis tahun depan. Hal itu disampaikan Inpex ketika menemui pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Gedung Kementerian ESDM, kemarin malam.

Direktur Pembinaan Hulu Kementerian ESDM Tunggal mengatakan dalam kunjungan tersebut, Inpex menyatakan ketertarikannya mengelola di Blok Mahakam, meskipun bukan menjadi operator. Selain pertimbangan bisnis, keputusan itu juga untuk menjaga hubungan negara antara Jepang dan Indonesia.

Advertisement

“Hubungan dari segala aspek nonbisnisnya masih ketergantungan," kata dia di Gedung Kementerian ESDM, usai bertemu dengan Manajemen Inpex, Senin malam (24/10).

(Baca: Revisi Kontrak Rampung, Pertamina Bisa Mengebor Blok Mahakam 2017)

Dalam pertemuan tersebut, Inpex juga meminta agar pemerintah memfasilitasi perusahaan asal Jepang ini bisa melakukan pembicaraan dengan PT Pertamina (Persero). Pemerintah telah memberikan 100 persen hak kelola Blok Mahakam kepada Pertamina. Dengan begitu, Pertamina akan menjadi operator blok ini setelah 2017.

Meski telah memastikan ketertarikan Inpex di Blok Mahakam, Tunggal masih enggan mengungkapkan berapa besar porsi hak kelola yang diinginkan. Alasannya, hal ini merupakan pembicaraan bisnis antara Pertamina dengan Inpex. “Masih diskusi, belum bisa diputuskan,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement