Jonan Pilih Bekas Pejabat SKK Migas Era SBY Jadi Staf Khusus

Anggita Rezki Amelia
26 Oktober 2016, 12:09
Jonan ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA

Setelah sepekan lebih menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menunjuk staf khusus untuk membantu pekerjaannya. Yang menarik adalah, pilihannya merupakan orang yang pernah juga membantu Menteri ESDM pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, salah satu staf khusus yang ditunjuk Jonan adalah Akhmad Syakhroza. Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri ESDM, Hadi M. Djuraid, membenarkan informasi tersebut. "“Betul,” kata dia kepada Katadata, Selasa (26/10). (Baca: Jonan Akan Bereskan Mafia dan Pungli Sektor Energi).  

Akhmad ditunjuk Jonan sebagai staf khusus membidangi tata kelola dan kelembagaan. Sebelumnya pernah menjadi staf khusus Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh. Pada Agustus 2011, Darwin, yang merupakan menteri pada masa Presiden SBY, mendapuk Akhmad sebagai Deputi Pengendalian Keuangan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas).

Penempatan ini sempat menimbulkan kontroversi karena kabarnya penunjukan Akhmad tidak didukung oleh Kepala BP Migas Raden Priyono. Ketika BP Migas berganti nama menjadi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan dipimpin Rudi Rubiandini, Akhmad masih dipercaya menjabat Deputi Pengendalian Keuangan.

Ia baru dicopot dari posisi tersebut pada 23 Agustus 2013, atau 13 hari setelah penangkapan Rudi. Rudi tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di rumahnya pada 13 Agustus 2013, setelah menerima suap dari perusahaan migas, Kernel Oil Private Limited (KOPL). Dalam kasus tersebut, Akhmad juga sempat diperiksa sebagai saksi oleh KPK.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...