Belanja Modal Proyek Tiung Biru di Blok Cepu Bisa Turun 10 Persen

Anggita Rezki Amelia
27 Oktober 2016, 10:50
Blok Cepu
Katadata

Pertamina EP Cepu masih berupaya menggarap proyek Lapangan Jambaran-Tiung Biru di Blok Cepu agar bisa segera berproduksi dan menjual produksi gasnya. Persoalannya, Pertamina perlu menurunkan harga jual gasnya agar laku. Demi mencapai nilai keekonomisannya, Pertamina juga melakukan efisiensi belanja modal. 

Direktur Utama Pertamina EP Cepu (PEPC) Adriansyah mengatakan, pihaknya secara internal mengestimasi belanja modal untuk proyek tersebut bisa turun 10 persen. Berdasarkan dokumen rencana pengembangan (plan of development/PoD), belanja modal proyek Tiung Biru mencapai US$ 2,05 miliar.

"Tapi angka penurunan (10 persen) ini belum final," kata dia kepada Katadata, Rabu (26/10). (Baca: Agar Laku, Pertamina Turunkan Harga Gas Lapangan Tiung Biru)

Adriansyah menguraikan beberapa faktor yang menyebabkan penurunan belanja modal Proyek Tiung Biru. Salah satunya adalah penurunan harga minyak dunia yang menyebabkan biaya tender barang dan jasa untuk proyek tersebut juga turun.

Persoalannya, meski harga minyak dunia turun hampir sekitar 50 persen, tidak semua vendor mau menurunkan harga barang dan jasa dengan besaran yang sama. Apalagi, menurut dia, proyek Lapangan Jambaran-Tiung Biru memiliki kerumitan tersendiri.

Selain mengoptimalkan belanja modal, Andriansyah mengatakan, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) ini juga membutuhkan insentif dari pemerintah.  Sebelumnya, PEPC dan pemerintah memang tengah mengkaji insentif perpanjangan kontrak pengelolaan Blok Cepu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...