Darmin Nilai Kasus Deutsche Bank Tak Berdampak Ke Indonesia

Miftah Ardhian
28 Oktober 2016, 17:11
Darmin Nasution
Arief Kamaludin (Katadata)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berpendapat, persoalan yang tengah melanda Deutsche Bank tidak akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia, khususnya di sektor keuangan. Alasannya, bank asal Jerman tersebut tidak terlalu banyak memiliki hubungan langsung dengan Indonesia.

Menurut Darmin, permasalahan yang dialami Deutsche Bank mulai terbuka perlahan-lahan dalam beberapa waktu terakhir ini. Namun, hingga masalah ini terbuka lebar, dampak negatif yang dikhawatirkan berbagai pihak ternyata tidak terjadi. Karena itu, dia yakin kasus Deutsche Bank tersebut tidak akan berdampak besar ke Indonesia.

Advertisement

"Deutsche Bank ini sudah beberapa waktu terakhir mulai diketahui permasalahannya. Tapi tidak kelihatan dampaknya ke Indonesia," ujar Darmin di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (28/10). (Baca: Kalla Tak Yakin Kasus Deutsche Bank Berdampak Sistemik)

Ia menambahkan, pemerintah juga tidak menyiapkan antisipasi khusus apabila tekanan keuangan terhadap Deutsche Bank semakin besar dan mengakibatkan kebangkrutan bank tersebut. Sebaliknya, Pemerintah Jerman yang harus menyiapkan strategi untuk mengantisipasi agar bank tersebut tidak mengalami kebangkrutan. 

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla turut menyinggung permasalahan Deutsche Bank ini. Menurutnya, tidak ada seorang pun yang bisa memprediksi ekonomi ke depan. Buktinya, bank itu masih bertahan meski sempat disebut-sebut berpotensi bangkrut. “Bulan lalu (Deutsche Bank) dianggap gonjang-ganjing, namun ternyata tidak apa-apa karena kapitalisasi mereka besar," katanya, Kamis (27/10).

Ia pun tidak yakin tekanan keuangan yang dialami Deutsche Bank bakal berdampak pada ekonomi Jerman secara keseluruhan. Hal ini lantaran ketahanan dan produktivitas Jerman sangat tinggi. "Agak berbeda dengan Perancis, Jerman ini ekonominya kuat," katanya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement