ANZ Jual Rugi Lini Ritel Bank di Indonesia kepada DBS

Maria Yuniar Ardhiati
31 Oktober 2016, 16:12
Bank valas
Arief Kamaludin|KATADATA

ANZ Bank menjual lini bisnisnya di lima negara di Asia, termasuk di Indonesia, kepada bank asal Singapura, DBS Bank. Lini bisnis itu mencakup kredit ritel dan layanan dana nasabah kaya atau wealth management

Seperti dilansir ABC, ANZ menjual lini bisnis yang dimilikinya tersebut di negara Singapura, Hong Kong, Cina, Taiwan, dan Indonesia. Akibat penjualan tersebut, bank asal Australia ini mengalami kerugian sebesar US$ 265 juta atau sekitar Rp 3,4 triliun.

Advertisement

Langkah ini terkait dengan perubahan strategi dan fokus usaha ANZ di kawasan Asia. Padahal, Chief Executive ANZ yang terdahulu, Mike Smith, memutuskan melakukan pengembangan di Asia sebagai bagian dari strategi bank tersebut. Namun, sejak posisi itu diambil alih Shayne Elliot pada akhir tahun lalu, ANZ memutuskan menarik diri dari Asia.

(Baca: OJK Siapkan Antisipasi Perluasan Kredit Bermasalah)

“Kami memiliki strategi untuk menciptakan bank yang lebih sederhana, dengan permodalan yang lebih baik dan lebih seimbang, dengan fokus kepada area-area yang berpotensi membawa kekuatan bagi kami,” ujar Elliot seperti dilansir ABC, Senin (31/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement