Susi Usulkan Penerbangan dari Pulau Terluar ke Rusia

Ameidyo Daud Nasution
1 November 2016, 11:30
Susi
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap bisa menjalin kerjasama strategis dengan Rusia, khususnya dalam bidang kemaritiman. Untuk mendukung rencana ini, dia akan mengusulkan membuka penerbangan langsung dari pulau terluar Indonesia ke Rusia.

Terkait usulan ini, Susi akan membicarakannya dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan pihak PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. "Saya ingin ada penerbangan langsung ke Moskow (ibukota Rusia)," ujarnya dalam keterangan pers resmi Kementerian KKP yang diterima Katadata, Senin malam (31/10).

Hal ini disampaikannya dalam Forum Bisnis Indonesia - Rusia 2016 di Ballroom JW Marriott Hotel, Jakarta. Dia meyakinkan kepada investor Rusia bahwa sektor kelautan dan perikanan Indonesia sangat menarik. Menurutnya Produk Domestik Bruto (PDB) sektor kelautan dan perikanan meningkat dalam dua tahun terakhir. Pertumbuhannya merupakan yang tertinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

(Baca: Dua Tahun Jokowi, Susi Pamer Banyak Prestasi meski Belum Maksimal)

Peningkatan PDB juga diiringi dengan kenaikan nilai tukar nelayan (NTN) dan tangkapan ikan nelayan domestik yang cukup melimpah. Potensi perikanan dan kelautan masih sangat besar, mengingat Indonesia merupakan negara maritim yang sangat besar luas wilayah dan kekayaan alamnya.

"Saya yakin Indonesia adalah salah satu mitra strategis bagi Rusia dalam hal ekonomi. Perikanan Indonesia adalah salah satu sektor yang sangat potensial dan menarik untuk para investor Rusia," kata Susi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...