Pertamina Gandeng Perusahaan Patungan Garap Lapangan Minyak Tua

Anggita Rezki Amelia
2 November 2016, 21:41
migas
Katadata

Anak usaha PT Pertamina (Persero), yaitu PT Pertamina EP, resmi memiliki mitra untuk menggarap area operasi Asset 2 Pertamina EP yaitu Lapangan Trembul di Blora, Jawa Tengah. Mitra yang dipilih adalah PT Sarana GSS Trembul. 

Sarana GSS Trembul merupakan perusahaan patungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah bersama GSS Energy Limited. Sementara Sarana Pembangunan Jawa Tengah merupakan mitra Pertamina EP di lapangan Trembul.

Advertisement

Presiden Direktur Sarana GSS Trembul Bambang Mulyadi mengatakan perusahaaannya akan menandatangani perjanjian kerja sama operasi (KSO) dengan Pertamina EP. Setelah penandatanganan ini, keduanya akan mulai menggarap Lapangan Trembul.

Masa berlaku kerja sama ini dilakukan selama 15 tahun, sejak penandatangan kontrak dilakukan pada hari ini, Rabu (2/11). Sarana GSS Trembul pun sudah menyetor US$ 500 ribu, sebagai bentuk Opportunity Case Payment atau biasa disebut bonus tandatangan, kepada Pertamina EP.

Menurut Bambang, ada beberapa hal yang perusahannya tertarik bekerjasama dengan Pertamina EP untuk mengelola Lapangan Trembul. Salah satunya potensi cadangan migas di lapangan ini yang masih cukup besar dan produksinya signifikan. 

Ia menjelaskan, Lapangan Trembul mulanya ditemukan oleh perusahaan Belanda yakni Nederlandsche Koloniale Petroleum Mij (NKPM) pada 1917. Perusahaan ini adalah anak usaha Standard Oil of New Jersey, yang kini dikenal dengan nama ExxonMobil. 

Area ini sempat ditutup pada 1942, dan menyisakan 24 sumur yang telah dibor oleh NKPM. Penutupan terjadi akibat invasi Jepang dalam Perang Dunia II. Area Trembul diperkirakan memiliki cadangan minyak (reserve) sebesar 401,1 juta barel. Sekitar 307 ribu barel diantaranya telah diambil atau dieksploitasi oleh NKPM sepanjang 1917-1942.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement