Menhub Minta BUMN Berbagai Sektor Bantu Program Tol Laut

Miftah Ardhian
4 November 2016, 10:39
Tol Laut
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Perhubungan mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor logistik untuk membantu pencapaian program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Sebab, BUMN logistik dapat memasok kebutuhan sehari-hari, khususnya pangan, agar lebih mudah dijangkau oleh masyarakat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, berbagai perusahaan, khususnya BUMN yang bergerak di bidang logistik, ikut serta secara aktif dalam program tol laut. Alasannya, kebutuhan logistik masyarakat memang sudah bisa diantar ke berbagai daerah di Indonesia melalui tol laut ini. Namun, harganya masih tetap tinggi dan tidak mengalami penurunan.

"Barang sampai tapi harga tidak turun karena barang setelah turun itu langsung diborong tengkulak," ujar Budi di Jakarta, Kamis (3/11). (Baca: Pemerintah Kembangkan Pelabuhan Tol Laut di Nusa Tenggara)

Karena itu, dia mendorong berbagai BUMN, yaitu Perum Bulog, BUMN sektor perikanan, dan BUMN yang terkait usaha logistik lainnya, untuk 'menjemput bola'. Caranya, langsung mendistribusikan kebutuhan logistik yang diperlakukan masyarakat setelah sampai di pelabuhan-pelabuhan. Dengan begitu, penyebaran barangnya merata dan masyarakat dapat membelinya dengan harga yang wajar.

Menurut Budi, pemerintah juga akan menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menjamin pasokan kebutuhan logistik masyarakat. Ia mencontohkan, di Natuna, pemerintah telah membangun gudang penyimpanan yang bisa digunakan oleh BUMN logistik untuk mengambil barang-barang kebutuhan agar bisa segera didistribusikan kepada masyarakat.

(Foto: Ide Jokowi, Kapal Tol Laut yang Menautkan Jakarta - Natuna)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...