Pemerintah Tawarkan 8 Proyek Infrastruktur Besar ke Asing

Ameidyo Daud Nasution
4 November 2016, 11:29
Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu
ARIEF KAMALUDDIN | KATADATA

Pemerintah akan menawarkan delapan proyek infrastruktur besar kepada investor asing. Kedelapan proyek itu merupakan bagian dari 350 proyek infrastruktur yang akan dipamerkan pemerintah dalam acara ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum di Jakarta, pada pekan depan. 

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, delapan proyek infrastruktur itu meliputi proyek jalan tol, bandara, pelabuhan, hingga kereta cepat. Perinciannya, proyek pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung, Kereta Bandara Soekarno - Hatta, Bandara Kertajati, rute kapal Roll On - Roll Off (RoRo) Bitung hingga Davao.

Selain itu, proyek kereta semi cepat Jakarta - Surabaya, proyek pembangunan pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW), pembangunan jalan tol Yogyakarta hingga Solo, serta pembangunan tol Sukabumi - Ciranjang - Padalarang. (Baca: Serapan Anggaran Baru 58 Persen, Pejabat PUPR Diturunkan ke Lapangan)

Menurut Rosan, pemerintah nantinya akan mempresentasikan delapan proyek tersebut untuk membuka kemungkinan pihak swasta masuk ke dalam proyek infrastruktur. Totalnya, ada 350 proyek infrastruktur yang akan dipamerkan dalam forum yang rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 8 hingga 11 November nanti tersebut.

"Kami ingin pastikan program (pembiayaan infrastruktur) ini berhasil, jadi sebagai contoh nanti delapan dipresentasikan langsung," katanya saat konferensi pers ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kamis (3/11).

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...