PLN Dapat Alokasi Gas Tangguh untuk Proyek Jawa 1

Miftah Ardhian
4 November 2016, 12:40
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyatakan telah mendapatkan kepastian mengenai alokasi gas untuk proyek pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Jawa 1. Pasokan gas untuk pembangkit ini berasal dari Kilang Tangguh, Papua.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati mengatakansejak awal proses tender Jawa-1 dibuka sampai dengan pengumuman pemenang, memang masih belum mendapat kepastian terkait dengan alokasi gas. Padahal, kepastian gas ini penting karena PLN masih harus negosiasi dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terkait dengan harga gas yang akan dipasok.

Advertisement

(Baca: 51 Persen Proyek Listrik 35 Ribu MW Masih Belum Berkontrak)

Akhirnya Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pun mengeluarkan keputusan beberapa waktu lalu. Proyek pembangkit listrik Jawa-1 akan mendapat alokasi gas dari Kilang Tangguh, yang dikelola BP Berau Ltd.

Dengan keputusan tesebut, PLN menyatakan akan segera melakukan negosiasi harga gas ini dengan BP Berau. "Kemarin kan dari SKK migas dapat alokasi gas dari Tangguh. Sekarang kami sedang negosiasi harganya," ujar Nicke saat ditemui dalam acara Forum BUMN, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (3/11).

Proyek pembangkit Jawa 1 ini akan digarap konsorsium PT Pertamina (Persero), bersama Marubeni Corporation dan Sojitz Corporation. Ini sesuai dengan keputusan PLN yang telah menunjuk konsorsium ini sebagai pemenang tender Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 1.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement