Rencana Pertamina Miliki Blok Migas di Rusia Tertunda

Anggita Rezki Amelia
4 November 2016, 19:49
Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) tampaknya belum bisa merealisasikan rencana mengelola blok minyak dan gas bumi (migas) di Rusia pada tahun ini. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini baru bisa memperoleh hak kelola di dua blok migas di negara tersebut pada Maret tahun depan.  

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan, pihaknya sampai kini masih terus mengevaluasi aset migas di Rusia tersebut. Peluang Pertamina mendapatkan hak kelola blok migas di sana merupakan kelanjutan dari proses kerjasamanya membangun kilang minyak di Tuban, Jawa Timur. Proyek itu dengan menggandeng Rosneft, BUMN migas asal Rusia.

Advertisement

(Baca: Pertamina Targetkan Punya Hak Kelola Blok Migas di Rusia Tahun Ini)

Pertamina dan Rosneft telah meneken kesepakatan kerangka kerjasama (framework agreement) tersebut pada 26 Mei lalu. Dalam kesepakatan itu, Rosneft mendapat kesempatan membangun Kilang Tuban, sedangkan Pertamina bisa mengelola blok migas di Rusia.

Menurut Syamsu, Pertamina nantinya akan mendapatkan blok migas yang dimiliki Rosneft. "100 persen punya dia (Rosneft), nanti dia share down (ke Pertamina)," katanya di Jakarta, Kamis malam (3/11). (Baca: Arcandra Dukung Aset Migas Dialihkan kepada Pertamina)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement