Aduan Banyak Pungli, Dirjen Imigrasi Temui Pengusaha Korea

Martha Ruth Thertina
7 November 2016, 11:31
Imigrasi turis
Agung Samosir|KATADATA

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia segera merespons keluhan para investor asal Korea Selatan perihal maraknya praktik pungutan liar (pungli) dalam pengurusan dokumen imigrasi. Untuk itu, mereka menggelar pertemuan dengan Kamar Dagang Korea (KOCHAM), Rabu pekan lalu (2/11).

Sekretaris Jenderal KOCHAM Kim Hye A menjelaskan, pertemuan tersebut dihadiri oleh Dirjen Imigrasi Ronny Franky Sompie dan Ketua KOCHAM Song Chan Keun. Lewat pertemuan itu, diharapkan dapat membantu memperbaiki iklim bisnis di Indonesia menjadi semakin baik. 

“Ketua KOCHAM Song Chang Keun hadir untuk menyampaikan kendala yang dihadapi orang asing dan membahas hal yang berkaitan dengan peraturan keimigrasian,” kata Kim dalam keterangan tertulisnya yang diterima Katadata, Jumat (4/11).

Menanggapi keluhan tersebut, menurut Kim, Ronny menyatakan akan terus memperbaiki sistem internal agar tenaga kerja asing dapat bekerja dengan nyaman. Di sisi lain, pihaknya juga akan menindaklanjuti orang asing yang menetap secara ilegal di Indonesia sesuai prosedur hukum.

Ronny pun menekankan soal pentingnya menciptakan iklim bisnis yang sehat bagi para investor asing. Tujuannya agar investor merasa aman menanamkan modal di Indonesia.

Song memproyeksi, perbaikan dalam iklim bisnis di Indonesia bakal mendorong lebih banyak investor asing termasuk dari Korea untuk menanamkan modalnya di Indonesia pada 2017 mendatang. Ia pun berharap, kerja keras pemerintah Indonesia dalam memperbaiki ikim bisnis bisa membuahkan hasil yang memuaskan.

Sebelumnya, para investor yang berasal dari Korea Selatan mengeluhkan adanya praktik pungli di Direktorat Jenderal Imigrasi. Chairman of Imigration and Labor Commite Korean Chamber of Commerce and Industry Kim Min Gyu mengatakan, adanya praktek pungli dalam memperoleh rekomendasi izin tinggal tetap. (Baca juga: Pungli di Ditjen Imigrasi Jadi Keluhan Utama Investor Korea)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...