Jokowi: Sebagian Tol Bekasi-Kampung Melayu Beroperasi Maret 2017

Safrezi Fitra
7 November 2016, 11:45
Jokowi
Intan | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Jokowi meninjau pembangunan proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Senin (7/11)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung perkembangan pembangunan proyek jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu. Dia menargetkan masyarakat sudah bisa melintasi sebagian tol ini dalam empat bulan ke depan.

Saat meninjau lokasi proyek ini, Jokowi memastikan bahwa ruas tol Seksi I telah bisa dioperasikan pada Maret 2017. Ruas tol yang sejalur dengan Kalimalang, dari Jakasampurna (Bekasi) sampai Universitas Borobudur (Jakarta Timur).

"Saya hanya ingin memastikan Maret 2017 itu yang 8 kilometer (km), 2 (arah) berarti 16 km sudah bisa dipakai. Karena penting sekali, kemacetan di sini sudah terlalu parah," kata Jokowi dalam keterangannya saat meninjau lokasi proyek tersebut, Senin (7/11).

(Baca: Dua Tahun Jokowi, Menteri Agraria: Pembebasan Lahan Mulai Teratasi)

Pemerintah menyatakan akan mempercepat pembangunan jalan tol yang sebelumnya telah mangkrak hingga 22 tahun ini. Harapannya tol ini bisa mengurai kemacetan di sekitar jalan Kalimalang menuju Bekasi yang terjadi setiap hari. Saat kembali dilanjutkan pembangunannya mulai tahun lalu, pemerintah menargetkan proyek ini selesai dalam dua tahun.

Proyek tol Becakayu Seksi I dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Hingga saat ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut telah berhasil menyelesaikan 78,6 persen. Progres ini sedikit lebih lambat dari target awal sekitar 80,6 persen. Jokowi berharap Waskita bisa mempercepat proses konstruksinya, agar selesai tepat waktu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...