Demi BBM Satu Harga, Pertamina Impor BBM dari Malaysia

Anggita Rezki Amelia
9 November 2016, 13:02
bbm
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) menyatakan akan mengimpor bahan bakar minyak (BBM)  dari Malaysia, milik Petroliam Nasional Berhad (Petronas). Ini merupakan upaya yang diambil Pertamina untuk merealisasikan kebijakan BBM Satu Harga yang ditugaskan pemerintah.

Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang mengatakan impor merupakan cara yang dianggap efektif, ketimbang mendatangkan BBM dari Jawa untuk didistribusikan ke daerah perbatasan. Pertimbangannya dari segi biaya yang dikeluarkan.

Advertisement

Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, telah menandatangani kontrak dengan Petronas. Kontrak ini terkait sistem swap atau saling impor BBM di untuk wilayah perbatasan, khususnya di pulau Kalimantan. “Kami sudah tandatangan kontrak,” kata dia di Gedung Pertamina, Jakarta, Selasa (8/11).

(Baca: Berkat Efisiensi, Pertamina Raup Laba Kuartal III Rp 37 Triliun)

Wilayah yang akan mendapatkan pasokan BBM impor dari Petronas adalah Krayan dan Long Apung (Kalimantan Utara). Dengan skema ini Pertamina bisa menghemat ongkos angkut BBM dari kisaran Rp 20.000-30.000 per liter. Sehingga pengangkutan dengan menggunakan pesawat bisa dialihkan ke wilayah Timur Indonesia seperti Papua.

Ke depan, harapannya BBM impor ini juga bisa dinikmati daerah perbatasan lainnya. Saat ini, Pertamina masih mendata wilayah perbatasan lainnya. Adapun wilayah perbatasan di Kalimantan yakni  Krayan Kalimantan Utara, Sambas di Kalimantan Barat, Entikong Kalimantan Barat, dan Nunukan di Kalimantan Utara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement