Empat Strategi Menhub Dukung Keberhasilan Tol Laut

Maria Yuniar Ardhiati
9 November 2016, 19:22
Tol Laut
Arief Kamaludin|KATADATA
Kapal logistik ini merupakan bagian dari program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo sejak masa awal pemerintahannya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pihaknya telah menyiapkan empat strategi untuk mendukung keberhasilan tol laut. Menurutnya strategi ini belum pernah dilakukan sebelumnya oleh pemerintah.

Pertama, memberikan stimulus bagi pelaku usaha pada sektor agrikultur di wilayah timur Indonesia. Tujuannya, agar ada produk dari wilayah tersebut untuk didistribusikan ke daerah lainnya. Sehingga kapal yang mengirim barang ke Indonesia Timur bisa kembali dengan membawa muatan. (Foto: Ide Jokowi, Kapal Tol Laut yang Menautkan Jakarta - Natuna)

“Hal itu perlu dilakukan agar ada daya dobrak dari wilayah timur untuk menghasilkan barang produktif, untuk dibawa kembali oleh kapal ke wilayah barat,” kata Budi dalam Forum Konsolidasi Industri Kemaritiman Nasional di Jakarta, Rabu (9/11).

Kedua, merevitalisasi pelabuhan-pelabuhan dengan melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta pihak swasta. Budi menjelaskan, selama ini pengelolaan pelabuhan masih memerlukan lebih banyak sinergi. Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan akan menggandeng BUMN dan swasta dalam pembangunan dan pengelolaan pelabuhan.

Ketiga, melibatkan semua pelaku industri pelayaran. Perusahaan pelayaran akan bekerja dalam suatu sistem, sehingga bisa lebih produktif dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat. (Baca: Pemerintah Kembangkan Pelabuhan Tol Laut di Nusa Tenggara)

Keempat, memberikan ruang yang lebih besar bagi galangan kapal untuk membuat dan memperbaiki kapal. Budi mengatakan saat ini pemerintah sedang berupaya agar proses pembelian kapal, tidak lagi dilakukan Kementerian Perhubungan. Nantinya swasta pun bisa melakukannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...