Jokowi: Anggaran Pembangunan Papua Tahun Ini Rp 87,5 Triliun

Safrezi Fitra
9 November 2016, 10:05
Jokowi
Kris | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah menganggarkan dana cukup besar untuk pembangunan Papua. Tahun ini anggaran yang digelontorkan untuk wilayah paling timur Indonesia ini mencapai Rp 85,7 triliun.

Total anggaran ini cukup besar, hampir sepertiga dari belanja infrastruktur tahun ini yang mencapai Rp 317,1 triliun. Namun, Jokowi merasa belanja pembangunan tersebut belum efektif. Pembangunan yang dilakukan belum merata dan menjangkau semua daerah.

(Baca: Pemerintah Siapkan Jembatan Udara untuk Papua)

"Permasalahan bukan semata-mata pada besaran dana. Tapi pada proses perencanaan yang melibatkan berbagai sektor dan daerah belum sepenuhnya terintegrasi dengan baik," ujarnya dalam rapat terbatas mengenai pembangunan di Papua di Kantor Presiden, Selasa (8/11)

Berdasarkan informasi yang diterima Presiden, sebanyak 46 persen program kementerian dan lembaga yang ada, cenderung berpusat pada lokasi yang mudah dijangkau dan mudah diimplementasikan. Padahal, Papua memiliki wilayah yang besar dan sangat sulit dijangkau. Jokowi merasa hal ini tidak benar dan harus diubah.

(Baca juga: Tinggal 15 Persen Jalan Trans Papua yang Belum Tersambung)

Oleh karena itu Presiden menginstruksikan agar kementerian dengan pemerintah daerah harus berkoordinasi, fokus, dan berjalan bersama-sama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Papua. Hal-hal yang selama ini terjadi tidak boleh terus dibiarkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...