Pemerintah Sepakat Turunkan Harga Gas untuk Industri Petrokimia

Anggita Rezki Amelia
9 November 2016, 19:00
Gas Pertagas
Arief Kamaludin|KATADATA

Penurunan harga gas untuk industri tampaknya tidak akan bisa dilakukan serempak. Industri yang dinilai paling siap menerima penurunan harga gas bumi di awal tahun depan hanyalah industri petrokimia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan harga gas bumi untuk industri petrokimia bisa di bawah US$ 6 per juta british thermal unit (mmbtu). "Harganya sekarang sedang diformulasi," katanya usai rapat koordinasi dengan beberapa Kementerian di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/11).

Advertisement

Mengacu data Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM sampai Juli 2016, harga gas untuk industri petrokimia sekitar US$ 3 hingga 6,52 per mmbtu. Harga gas ini memiliki kontribusi sekitar 70 persen di struktur biaya. (Baca: Harga Gas US$ 4 Bisa Hasilkan Efek Berantai Rp 85,8 Triliun)

Ada 24 perusahaan yang bergerak di industri petrokimia. Kebutuhan gasnya mencapai 468 mmscfd. Sementara pertumbuhan industrinya hanya 2,88 persen di 2015.

Setelah industri petrokimia, pemerintah juga akan menurunkan harga gas bumi untuk pupuk dan baja. Namun, saat ini pembahasannya masih belum final. Menurut Jonan, baru beberapa industri pupuk yang sudah mendapatkan penurunan harga gas di bawah US$ 6 dolar, namun sebagiannya lagi masih dalam pembahasan. 

Untuk membahas lebih lanjut hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan tengah membentuk tim kecil. Tim kecil ini terdiri dari pejabat eselon I dan II dari beberapa kementerian terkait, seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian, ESDM, hingga ke Kementerian BUMN. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement