Investasi Asing Kerek Neraca Pembayaran Surplus US$ 5,7 Miliar

Desy Setyowati
11 November 2016, 15:56
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Di tengah tekanan arus keluar modal asing, Bank Indonesia (BI) mencatat surplus neraca pembayaran Indonesia (NPI) naik US$ 3,5 miliar menjadi US$ 5,7 miliar pada kuartal III lalu. Surplus tersebut membuat cadangan devisa (cadev) bertambah menjadi US$ 115,7 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Statistik dan Moneter BI Hendy Sulistyowati mengatakan, peningkatan NPI didorong kenaikan surplus neraca transaksi modal dan finansial serta menurunnya defisit transaksi berjalan (current account defisit/CAD). Surplus transaksi modal dan finansial mencapai US$ 9,4 miliar atau setara 3,85 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal III lalu. Jumlahnya naik US$ 1,8 miliar dibandingkan kuartal sebelumnyadan melonjak US$ 9,2 miliar dibanding periode sama tahun lalu.

Surplus transaksi modal dan finansial ditopang oleh derasnya aliran modal masuk berupa investasi asing langsung berjangka panjang (Foreign Direct Investment/FDI) yang mencapai us$ 5,2 miliar. Realisasi ini naik US$ 2,2 miliar dibanding kuartal sebelumnya dan meningkat US$ 3,4 miliar dibanding kuartal III 2015.

Namun, aliran modal masuk ke instrumen investasi jangka pendek portofolio turun menjadi US$ 6,5 miliar dari kuartal sebelumnya US$ 8,3 miliar. Aliran modal ke portofolio didukung oleh penerbitan obligasi global pemerintah. Selain itu, masuknya dana asing saham serta Surat Berharga Negara (SBN) rupiah.

Adapun defisit investasi lainnya menurun menjadi US$ 2,3 miliar. “Defisitnya mengecil karena ada penarikan aset dari deviden. Dan orang lebih banyak bayar utang,” kata Hendy di kantornya, Jakarta, Jumat (11/11). (Baca juga: Rupiah Merosot Imbas Trump, BI Siap Intervensi)

Sekadar informasi, transaksi modal dan finansial membukukan nilai investasi langsung, portofolio, dan investasi berjangka pendek lainnya. Selain itu, mencakup juga pinjaman luar negeri, serta bantuan dan hibah dari negara dan lembaga lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...