Kemenangan Trump Jadi Tantangan Ekonomi Indonesia 2017

Miftah Ardhian
11 November 2016, 14:48
bappenas
KATADATA
bappenas

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) merilis prakiraan perekonomian Indonesia tahun 2017. Dari berbagai tantangan dalam menghadapi risiko global, efek kemenangan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu yang terbesar.

Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan secara umum, terpilihnya Trump akan berimplikasi terhadap perekonomian global, termasuk Indonesia. Kebijakan yang diutarakan pada masa kampanye, seperti memangkas pajak bagi kalangan berpenghasilan tinggi dapat membuat ketimpangan pendapatan yang terjadi di AS.

Advertisement

(Baca: Kebijakan Ekonomi Trump: Proteksionisme, Pemangkasan Pajak, Keuangan)

Kebijakan yang lebih proteksionis dalam perdagangan terutama terhadap Meksiko dan Cina, akan memberi dampak negatif terhadap kegiatan ekspor-impor negara tersebut. Selain itu, kebijakan anti imigran dan tingkat keyakinan yang negatif juga akan memberikan dampak buruk bagi perekonomian AS dan menimbulkan ketidakpastian global. Dengan kondisi tersebut, diperkirakan pertumbuhan ekonomi AS akan turun sebesar 0,9 persentase poin (pp). 

"Kebijakan Trump yang cenderung membawa ekonomi AS lebih tertutup akan menyebabkan ketidakpastian dalam ekonomi AS dan global semakin meningkat," ujar Amalia dalam paparan Outlook Perekonomian Indonesia 2017, di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (11/11).

(Baca: Cemas Kebijakan Trump, Rupiah dan Mata Uang Asia Berguguran)

Perlambatan ekonomi AS dan turunnya tingkat keyakinan investor secara global ini berpotensi menurunkan permintaan domestik di Indonesia sebesar 0,5 pp dari baseline di tahun 2017 dan PDB secara keseluruhan. Hal ini berdampak pada penurunan pendapatan masyarakat Indonesia sebesar 0,2 pp. Dampaknya pertumbuhan ekonomi Indonesia akan turun sebesar 0,04 pp tahun ini, dan 0,41 pp pada 2017. Turunnya permintaan domestik juga berdampak pada inflasi lebih rendah.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkapkan efek kemenangan Trump memang akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia, terutama terkait dengan kebijakan yang lebih proteksionis. Namun, dia memperkirakan dampak ini baru bisa dirasakan jika Trump benar-benar merealisasikan kebijakan yang disebutkan saat kampanyenya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement