Aturan BBM Satu Harga Terbit, Penyalur Dapat Margin Tinggi

Anggita Rezki Amelia
16 November 2016, 19:11
BBM Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya menerbitkan payung hukum untuk mempercepat pemberlakuan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga. Agar harga BBM seragam di seluruh Indonesia, penyalur BBM di lokasi tertentu mendapatkan margin besar namun juga berkewajiban membangun infrastruktur.

Payung hukum berupa Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 tahun 2016 tersebut mengatur dua jenis BBM. Pertama, jenis BBM Tertentu yang meliputi minyak Solar 48 (Gas Oil) dan minyak tanah (Kerosene). Kedua, jenis BBM Khusus Penugasan yang meliputi bensin (Gasoline) minimum RON 88. (Baca: Menteri ESDM Teken Aturan BBM Satu Harga, Swasta Dilibatkan)

Advertisement

Pendistribusian jenis BBM Tertentu dan BBM Khusus Penugasan di seluruh Indonesia dilakukan oleh Badan Usaha Penerima penugasan melalui penyalur yang ditunjuknya. Penyalur adalah koperasi, usaha kecil, atau badan usaha swasta nasional yang ditunjuk oleh Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Umum untuk melakukan kegiatan penyaluran.

Jika belum ada penyalur di lokasi tertentu, badan usaha wajib menunjuk penyalur baru. “Penyalur tidak dibebani biaya distribusi jenis BBM Tertentu dan BBM Khusus Penugasan,” seperti dikutip dari Pasal 3 ayat 3 dalam aturan tersebut.

Direktur Jenderal Migas menetapkan lokasi tertentu yang belum terdapat penyalur jenis BBM Tertentu dan BBM Khusus Penugasan. Untuk mempercepat penyediaan penyalur tersebut, Badan Usaha Penerima Penugasan wajib memberikan jasa penyaluran yang lebih tinggi kepada penyalur di wilayah itu.

Sedangkan Badan Pengatur memberikan penugasan baru kepada Badan Usaha Penerima Penugasan untuk penyediaan dan pendistribusian pada lokasi tertentu. Badan Pengatur juga melakukan pengaturan, pengawasan, dan verifikasi terhadap kelancaran dan ketepatan pelaksanaan pendistribusian BBM Tertentu dan BBM Khusus Penugasan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement