Kontrak Blok East Natuna Ditargetkan Diteken Akhir Tahun Ini

Miftah Ardhian
16 November 2016, 11:34
Rig Minyak
Katadata

Pemerintah berharap penandatanganan  kontrak pengelolaan Blok East Natuna bisa terealisasi pada tahun ini. Dengan begitu, kegiatan pengeboran dan produksi minyak dan gas bumi blok di Laut Natuna itu bisa segera terlaksana.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, pemerintah masih menunggu sikap konsorsium kontraktor mengenai pengembangan Blok East Natuna. Sebab, pemerintah sudah memberi waktu kepada konsorsium untuk menentukan sikap sampai pertengahan November ini.

(Baca: Kontrak East Natuna Tertunda Bulan Depan, Luhut: Ada Bagi-Bagi Kue)

Setelah ada sikap dari peserta konsorsium, pemerintah akan menyelesaikan kontrak tersebut. “Jadi besok, mereka akan kasih masukan, lalu rapatkan lagi, baru akan kami finalkan. Harapannya tahun ini penandatanganan,” kata dia kepada Katadata, Senin (16/11).

Pemerintah sebenarnya sudah menawarkan kontrak Blok East Natuna kepada konsorsium yang beranggotakan PT Pertamina (Persero), ExxonMobil dan PTT EP Thailand. Konsep yang ditawarkan adalah pengembangan blok secara terpisah antara minyak dan gas bumi. (Baca: Pemerintah Siapkan Kontrak Khusus untuk Blok East Natuna)

Blok East Natuna memang memiliki dua struktur, yakni minyak dan gas bumi. Namun, untuk memproduksi gas memiliki tantangan tersendiri, karena memiliki kandungan karbon dioksida (CO2) yang mencapai 72 persen.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...