Kemenhub Akan Tambah Lima Rute Tol Laut Tahun Depan

Ameidyo Daud Nasution
17 November 2016, 17:53
Pelabuhan Cirebon
Katadata

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menambah lima rute dalam program Tol Laut pada tahun depan. Kelima rute ini terdiri dari tiga rute trayek baru yang belum ada sebelumnya, serta dua trayek crossing dengan rute lama yang sudah ada.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Bay Mokhammad Hasani awalnya Kemenhub hanya akan menambah tiga rute baru. Namun, setelah dilakukan evaluasi Kemenhub akhirnya memutuskan menambah rute tersebut menjadi lima.

Advertisement

"Ini untuk meningkatkan distribusi barang ke daerah terpencil," katanya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (17/11). (Baca: Empat Strategi Menhub Dukung Keberhasilan Tol Laut)

Untuk diketahui tiga trayek baru tersebut adalah Tanjung Priok–Sinabang (Pantai Barat Sumatera), Tanjung Perak–Nunukan, serta Tanjung Perak–Pulau Gebe (Maluku). Adapun dua rute crossing tambahan adalah tambahan kapal pada trayek I (Tanjung Perak–Timika), serta trayek II (Tanjung Perak–Merauke).

Bay menjelaskan crossing rute yang dimaksud ditujukan untuk mempersingkat lalu lintas barang. Dengan adanya crossing rute ini, distribusi barang untuk kedua trayek tersebut hanya akan menjadi 14 hari, dari sebelumnya 28 hari.

Tambahan rute ini memang memerlukan subsidi dari pemerintah. Sebelumnya anggaran subsidi untuk tiga tambahan rute yang telah direncanakan sebelumnya mencapai Rp 160 miliar, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

Kementerian Perhubungan memastikan dengan adanya tambahan dua rute crossing, anggaran subsidinya tidak akan bertambah. "Jadi total kita bisa tambah lima trayek hingga saat ini dengan anggaran yang sama," katanya. (Baca: Pemerintah Akan Tambah Anggaran untuk Tol Laut)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement