Kemenhub Usulkan 4 Proyek Kereta Masuk Strategis Nasional

Ameidyo Daud Nasution
17 November 2016, 12:06
Kereta
Arief Kamaluddin | Katadata

Pemerintah membuka peluang akan menambah jumlah proyek infrastruktur lain untuk masuk dalam kategori proyek strategis nasional (PSN). Kementerian dan Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah pun mengusulkan beberapa infrastruktur untuk masuk dalam daftar proyek tersebut.

Salah satu kementerian yang akan mengusulkan adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kementerian ini sedang mengkaji beberapa proyek infrastruktur transportasi yang bisa dianggap strategis, sehingga bisa diprioritaskan untuk dibangun. Fokusnya adalah proyek kereta.

Advertisement

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ada empat proyek kereta yang sedang dipertimbangkan dan akan diusulkan dalam proyek strategis nasional. Keempatnya adalah kereta Surabaya – Malang, Yogyakarta – Malang, kereta cepat Jakarta – Surabaya, serta kereta Balikpapan – Samarinda.

“Kami sedang mulai untuk mengajukan (proyek tersebut),” kata Budi usai Rakornas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perhubungan, Jakarta, Rabu (16/11). (Baca: Kemenhub Tawarkan 10 Proyek Infrastruktur Trasportasi ke Swasta)

Menurutnya banyak faktor yang menjadi pertimbangan keempat proyek kereta ini masuk dalam proyek strategis nasional. Salah satunya untuk mendukung pengembangan kawasan wisata dan proyek strategis lainnya. Dia mencontohkan kereta Yogyakarta – Magelang bisa pendukung pengembangan kawasan Borobudur.

Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan tambahan proyek strategis nasional. Beberapa di antaranya adalah 25 proyek jalan tol yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian 12 proyek energi di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta satu proyek di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement