70 Kilometer Tol Trans Sumatera Ditargetkan Beroperasi 2017

Ameidyo Daud Nasution
18 November 2016, 16:36
Jalan Tol
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Hutama Karya (Persero) menargetkan 70 kilometer pertama dari tol Trans Sumatera akan selesai dan beroperasi pada tahun depan. Direktur Jalan Tol Hutama Karya Bambang Pramusinto mengatakan 70 kilometer tersebut tersebar di tiga ruas tol Trans Sumatera yakni Medan–Binjai, Palembang–Indralaya, serta Bakauheni–Terbanggi Besar.

Bambang mengatakan beberapa potong ruas yang akan rampung antara lain ruas tol Medan–Binjai seksi dua dan tiga sepanjang 10,3 kilometer. Ruas tol ini akan selesai pada Februari 2017. Ruas Palembang–Indralaya seksi Palembang–Pamulutan sepanjang 7,1 kilometer juga akan rampung pada bulan yang sama.

Kemudian beberapa paket jalan tol ruas Bakauheni–Terbanggi Besar, seperti Pelabuhan Bakauheni–Interchange Bakauheni. Dia menargetkan ruas tol ini selesai dan dapat mulai beroperasi pada April tahun depan. (Baca: Garap Trans Sumatera, Jasa Marga Dapat Hadiah dari Pemerintah)

"Sebenarnya ada beberapa paket, jadi total 70 kilometer itu hitungan kami di akhir tahun 2017," kata Bambang saat pemaparan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Jumat (18/11).

Untuk diketahui Tol Trans Sumatera merupakan bagian dari Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 Tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol Sumatera. Selain tiga ruas tadi, satu ruas tol lainnya adalah Pekanbaru–Dumai. Total empat tol ini memiliki panjang 310 kilometer.

(Baca: Hutama Karya Yakin Sebagian Empat Tol Sumatera Kelar Tahun Ini

Hutama Karya yang ditugaskan menggarap proyek Trans Sumatera merasa optimis target tersebut dapat terealisasi. Bambang mengatakan beberapa ruas telah selesai pembebasan lahannya, yakni Medan–Binjai seksi II dan II dan Palembang–Indralaya seksi I. Sedangkan sisanya akan dibangun bersamaan dengan pembebasan lahan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...