PLN Ganti 11 Proyek Listrik Terminasi Pakai Pembangkit Baru

Anggita Rezki Amelia
23 November 2016, 19:07
Pembangkit Listrik Muara Tawar, Bekasi
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan mengganti jenis pembangkit dari 11 proyek listrik yang mangkrak. Tujuannya untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan listrik di Luar Jawa. Apalagi sebagian besar proyek yang terminasi berada di daerah terpencil yang sulit terjangkau.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka mengatakan dari 34 proyek yang mangkrak, 17 proyek diantaranya telah dilanjutkan. Kemudian enam proyek diputus kontraknya dan diambil alih PLN untuk dilanjutkan. Sementara 11 proyek sisanya tidak dilanjutkan dan diterminasi. (Baca: PLN Lanjutkan 22 Proyek Pembangkit Listrik yang Mangkrak)

Advertisement

Menurutnya, ada beberapa penyebab 11 proyek listrik tersebut tidak bisa berjalan sesuai rencana, diantaranya karena perubahan yang terjadi di lapangan.  Misalnya faktor geografis seperti kontur tanah yang sudah tidak layak untuk membangun pembangkit. "Jadi pondasi harus diubah karena kondisi tanahnya labil," kata dia saat memberikan keterangannya di Kantor PLN, Jakarta, Rabu (23/11).

Dia mengaku PLN akan terus mencari solusi untuk 11 proyek tersebut. Salah satunya dengan mengganti jenis pembangkit. Caranya dengan perluasan jaringan transmisi dan gardu induk maupun dengan pembangkit baru yang lebih cepat pembangunannya seperti Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) dan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Data PLN mencatat 11 proyek yang masuk terminasi tersebut  tersebar di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Total kapasitasnya mencapai 147 Megawatt (MW). Menurut Made, proyek yang akan diterminasi ini bukan bagian dari proyek 35 ribu MW. Ini bagian dari kontrak yang berjalan antara tahun 2007 hingga 2012. (Baca: Jokowi Ancam Bawa Masalah Pembangkit Mangkrak ke KPK)

No. Proyek TerminasiKapasitas
Sumatera
1PLTU Kuala Tungkal2x7 MW
2PLTU Bengkalis2x10 MW
3PLTU Ipuh Seblat2x3 MW
4PLTU Tembilahan (IPP)2x5,5 MW
Kalimantan
5PLTU Buntok2x7 MW
6PLTU Kuala Pambuang2x3 MW
7PLTU Tarakan2x7 MW
Sulawesi dan Nusa Tenggara
8PLTU Bau-Bau2x10 MW
9PLTU Raha2x3 MW
10PLTU Wangi-Wangi179,2 MW
Maluku dan Papua
11PLTU Jayapura2x15 MW
 
Adapun enam proyek yang diambil alih olehPLN terdiri dari, PLTU sampit  2x25 MW, PLTU Kotabaru 2x7 MW, PLTU Gorontalo 2x25 MW, PLTU Attambua 4x6 MW,  PLTU NTB Bima 2x10 MW, dan PLTM Kalibumi 2,6 MW.

Direktur Regional PLN Bagian Sumatera Amir Rasyidin mengatakan satu dari empat proyek mangkrak yang terminasi di Sumatera akan diganti menjadi PLTMG. Salah satunya adalah PLTU Bengkalis yang berkapasitas 2x10 MW diganti PLTMG Bengkalis 20 MW. Rencananya pembangkit ini masuk sistem kelistrikan pada awal 2018.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement