Negosiasi Perdagangan Bebas dengan Australia Dikebut Bulan Depan

Ameidyo Daud Nasution
25 November 2016, 19:23
Pelabuhan Ekspor
Agung Samosir|KATADATA

Pemerintah Indonesia masih berupaya menyelesaikan pembahasan perjanjian perdagangan bebas dengan Australia. Mulai awal bulan depan, pembahasannya akan dipercepat dengan meliputi beberapa poin penting.

Menteri Perdagangan Enggartiaso Lukita mengatakan akan bertemu dengan Menteri Perdagangan, Pariwisata, serta Investasi Australia Steven Ciobo pada awal Desember nanti. Agendanya adalah membahas kelanjutan negosiasi perjanjian perdagangan bebas Indonesia - Australia atau Indonesia - Australia Free Trade Agreement (FTA). 

Enggar, panggilan akrab Enggartiasto, menjelaskan pembicaraan itu nantinya merupakan lanjutan proses negosiasi  yang telah dimulai ketika dia mengunjungi Australia beberapa waktu lalu. Kini, kunjungan Menteri Perdagangan Australia tersebut diharapkan dapat mempercepat pembahasan beberapa poin penting dalam kerjasama dagang tersebut.

(Baca: Efek Trump, Pemerintah Fokus Ekspor ke Eropa, Australia, Jepang)

Apalagi, kedua negara menargetkan perjanjian perdagangan bebas tersebut dapat disepakati akhir 2017. "Kami akan speed up dengan kedatangan Menteri Perdagangan Australia," kata Enggar di Jakarta, Jumat (25/11).

Beberapa poin yang akan dibahas antara lain soal perdagangan daging sapi, penerapan kemasan kosong (plain packaging), hingga penerapan tarif bea masuk gula di kawasan ASEAN.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...