Dirut Pertamina Lihat Peluang Harga Minyak Naik Tahun Depan

Arnold Sirait
29 November 2016, 13:06
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto
Arief Kamaludin|KATADATA

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto melihat peluang kenaikan harga minyak dunia pada tahun depan. Namun, kenaikan tersebut kemungkinan tidak akan terlalu besar dan melebihi US$ 60 per barel.

Optimisme itu berdasarkan beberapa faktor dalam meramalkan harga minyak dunia. Pertama, produksi minyak dunia. Kedua, permintaan dunia. Ketiga, risiko politik. “Tapi saya tentu tidak berani mengatakan bahwa ini berarti kembali ke harga era sebelum 2015,” ujar Dwi di Jakarta, Selasa (29/11).

(Baca: Kebijakan Harga Minyak Dikritik Jelang Pertemuan OPEC)

Namun, Dwi masih menyimpan pandangan pesimistis. Organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) memang telah sepakat mengurangi produksi minyak antara 1-2 persen. Rincian bentuk kesepakatan pengurangan produksi tersebut baru akan dibicarakan pada pertemuan OPEC, 30 November mendatang. Presiden Rusia Vladimir Putin juga setuju mengurangi produksi minyak mereka.

Namun, menurut Dwi, hal itu tidaklah cukup sebagai jaminan kenaikan harga minyak. Salah satu masalah yang sensitif adalah bagaimana merumuskan jatah pemotongan produksi setiap anggota OPEC. Sebab, hal ini menyangkut situasi politik dan ekonomi masing-masing anggotanya.

Sebaliknya, Dwi mendapat informasi bahwa Irak dan Venezuela sudah menyatakan keberatannya terhadap rencana pemotongan produksi itu. Belum lama ini, Managing Director dari National Iranian Oil Co Ali Kandor terang-terangan menolak perhitungan produksi minyak negaranya. Padahal, angka tersebut hendak dijadikan dasar perhitungan produksi minyak.

Alhasil, Dwi berpandangan, sulit mengharapkan harga minyak dunia di tahun mendatang akan naik melebihi US$ 60 per barel selama OPEC tidak bisa mengambil keputusan pengurangan produksi dan disepakati oleh para anggotanya. “Secara sederhana bisa dikatakan, bahwa naik dan turunnya tidak akan keluar dari angka US$ 60 ini,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...