Didominasi Cina, Turis Asing pada Oktober Bertahan di Atas 1 Juta

Miftah Ardhian
1 Desember 2016, 15:46
Imigrasi turis
Agung Samosir|KATADATA

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Oktober 2016 yang mencapai 1,04 juta kunjungan. Jumlahnya melonjak 18,55 persen dibanding Oktober tahun lalu dan 3,38 persen lebih tinggi dibanding September 2016. Sebanyak 12,43 persen di antaranya berasal dari Cina.

Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo mengungkapkan, pencapaian bulan lalu menandai sebuah tren positif. Di mana, dalam empat bulan terakhir, jumlah kunjungan wisatawan asing selalu lebih dari 1 juta.

Advertisement

Sasmito menyatakan, banyaknya turis Cina yang melancong ke Indonesia didukung oleh kemudahan imigrasi. "Karena bebas visa ke 196 negara termasuk Tiongkok/Cina,”katanya dalam konferensi pers di kantornya, Kamis 1 Desember 2016.

Tak hanya melalui penerbangan komersil, Sasmito juga menyatakan bahwa banyak wisatawan Cina yang tiba di Indonesia dengan pesawat carteran. ”Adanya penerbangan charter bukan hanya dari Beijing tapi juga dari kota lainnya,”kata dia.

(Baca juga: Tren Bulanan 1 Juta Turis Asing ke Indonesia Terus Berlanjut)

Selain dari Cina, Sasmito menjelaskan, wisatawan mancanegara yang mendominasi kunjungan ke Indonesia pada Oktober 2016 adalah yang lalu berasal dari Malaysia dengan persentase sebesar 12 persen. Disusul oleh Singapura sebanyak 11,42 persen, Australia sebesar 11,03 persen, dan Jepang sebesar 4,13 persen.

Beberapa acara seperti Sail Karimata, Jakarta Marathon, dan Jakarta Fashion Week, menurut Sasmito turut mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan pada Oktober 2016 lalu.

Secara kumulatif, periode Januari-Oktober 2016, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mancapai 9,40 juta.  Angka itu naik 9,54 persen dibanding jumlah kunjungan pada periode yang sama tahun sebelumnya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 8,71 juta di antaranya masuk melalui 19 pintu utama, termasuk Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Namu dan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement