Howard Schultz Mundur sebagai CEO, Saham Starbucks Merosot 10 Persen

Pingit Aria
2 Desember 2016, 12:24
Kopi Gayo KATADATA | Donang Wahyu
Kopi Gayo KATADATA | Donang Wahyu

CEO Starbucks Howard Schultz menyatakan bakal mundur dari jabatannya. Posisi Schultz akan digantikan oleh Kevin Johnson yang saat ini menjabat presiden dan direktur operasional pada jaringan waralaba kafe terbesar di dunia itu.

Transisi kepemimpinan itu bakal dirampungkan pada 3 April 2017 mendatang. "Saya senang bahwa Kevin Johnson, presiden dan direktur operasional kami, yang selama tujuh tahun menjadi anggota direksi dan mitra saya dalam menjalankan setiap faset bisnis Starbucks dalam dua tahun terakhir, telah setuju untuk menjalankan tugas sebagai CEO Starbucks," kata Schultz dalam sebuah teleconference seperti dikutip Reuters, Kamis, 1 Desember 2016 waktu setempat.

Pada kesempatan itu, Schultz menyatakan bahwa ia tidak akan sepenuhnya meninggalkan Starbucks. Ia akan berfokus untuk mengurus jaringan kafe kelas atasnya, Starbucks Reserve. “Saya tidak akan meninggalkan perusahaan, saya tetap di sini setiap hari,”ujar Schultz yang konon ruang kantornya terhubung dengan Johnson.

(Baca juga: Jokowi: Pengusaha Waralaba Bisa Lebih Kaya dari Saya)

Lini bisnis Starbucks Reserve Roastery and Tasting Room dibuka di "tanah kelahiran" Starbucks di Seattle pada 2014. Gerai ini dirancang secara khusus untuk memungkinkan Starbucks melakukan pengolahan kopi dengan cara yang langka dan eksotis.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...