Hubungkan Dua Pulau Besar, Citilink Buka Rute Batam dan Pontianak

Pingit Aria
2 Desember 2016, 10:57
citilink
Donang Wahyu | KATADATA

Maskapai berbiaya murah, Citilink Indonesia, membuka rute penerbangan langsung Batam-Pontianak mulai 1 Desember 2016. Penerbangan yang menghubungkan dua pulau besar, Sumatera dan Kalimantan ini dilayani dengan frekuensi terbang satu kali sehari.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Albert Burhan mengatakan Batam dan Pontianak memiliki potensi ekonomi yang luar biasa. “Letak geografis Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau yang berbatasan langsung membuat kedua provinsi memiliki peran yang strategis untuk menjadi motor penggerak bagi ekonomi Indonesia barat,” katanya melalui siaran pers, 1 Desember 2016.

(Baca juga: Biaya Membengkak, Garuda Menderita Rugi Rp 569 Miliar)

Albert optimistis sektor industri dan perdagangan di Batam dan Pontianak akan berkembang lebih pesat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya apabila didukung dengan akses transportasi yang lebih cepat, mudah dan nyaman. “Rute ini juga sekaligus menjadi penerbangan Citilink pertama yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Kalimantan. Dengan demikian penumpang bisa melakukan perjalanan dengan lebih singkat dan efektif tanpa harus transit di Jakarta terlebih dahulu,” tuturnya.

Penerbangan rute Pontianak–Batam akan dilayani dengan durasi 75 menit dengan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

Selain membuka rute Pontianak–Batam pp, anak usaha Garuda Indonesia ini juga menambah frekuensi pada rute-rute lain dari dan menuju ke Pontianak, yaitu Pontianak–Jakarta pp dan Pontianak–Surabaya pp menjadi dua kali sehari. “Melalui pembukaan dan penambahan frekuensi rute ini, kami harap dapat memberikan kenyamanan pada masyarakat yang ingin bepergian, dan memperluas konektivitas Citilink di Indonesia,” ujarnya.

(Baca juga: Menteri Rini Perintahkan Garuda Perbaiki Kinerja Perusahaaan)

Sepanjang periode Januari-Oktober 2016, Citilink telah mengangkut sebanyak 9,11 juta penumpang. Untuk rute Pontianak, Citilink sedikitnya mengangkut 82.559 penumpang dari Pontianak, dan 85.167 penumpang menuju ke Pontianak.

Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...