Dana Repatriasi Kerek Surplus Neraca Pembayaran 14 Kali Lipat

Desy Setyowati
5 Desember 2016, 11:10
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Bank Indonesia (BI) optimistis dana repatriasi dari hasil program pengampunan pajak (tax amnesty) bakal mendongkrak surplus Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) kuartal IV ini. Nilai surplusnya mencapai US$ 15 miliar sepanjang tahun ini atau melonjak 14 kali lipat dibanding tahun lalu yang defisit US$ 1,1 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung mengatakan, proyeksi surplus NPI  tersebut mempertimbangkan masuknya dana repatriasi dalam jumlah besar di pengujung tahun ini. BI pernah memprediksi sebesar Rp 100 triliun dari total Rp 143 triliun komitmen dana repatriasi, bakal masuk pada kuartal IV-2016.

Advertisement

“Ini masih skenario apakah ada tambahan lagi dari repatriasi tax amnesty, katakan lah Rp 100 triliun tambahan, signifikan. Total keseluruhan tahun ini perkiraan kami US$ 15 miliar,” kata Juda di Bali, Sabtu lalu (3/12).

(Baca juga: Gejolak Rupiah Tak Hambat Repatriasi Rp 100 Triliun di Akhir Tahun)

Sekadar informasi, NPI merupakan indikator kegiatan transaksi ekonomi antara penduduk Indonesia dengan penduduk mancanegara. Transaksi NPI ini didapat dari data transaksi berjalan (perdagangan dan jasa), transaksi modal, dan transaksi finansial masyarakat Indonesia. Adapun dana repatriasi bakal tercatat sebagai komponen yang menyokong surplus pada transaksi modal dan finansial.

Secara kuartalan, Juda memprediksi, NPI pada kuartal IV surplus sebesar US$ 7,4 miliar, naik dari periode sama tahun lalu yang sebesar US$ 5,1 miliar. Jika prediksi itu benar maka surplus NPI tersebut bakal menjadi yang tertinggi sepanjang tahun ini.

Sebelumnya, NPI mengalami defisit US$ 300 juta pada kuartal I, namun berbalik mencetak surplus pada dua kuartal berikutnya sebesar US$ 2,2 miliar dan US$ 5,7 miliar. Adapun surplus pada kuartal III juga disokong masuknya dana repatriasi Rp 40 triliunan. Aliran dana tersebut berimbas pada surplus transaksi modal dan finansial US$ 9,4 miliar pada periode itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement