Pemerintah Targetkan Industri Kertas Indonesia Peringkat 6 Dunia

Image title
7 Desember 2016, 14:18
Kertas
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Perindustrian menargetkan industri kertas Indonesia bisa berada di peringkat 6 dunia. Naik tiga tingkat dari posisi 9 saat ini. Pemerintah pun berupaya mendorong dan memfasilitasi industri pulp and paper Tanah Air, agar semakin besar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan kebutuhan kertas dunia diperkirakan akan tumbuh rata-rata 2,1 persen per tahun. Hampir semua jenis produk kertas  untuk kebutuhan dunia telah dapat diproduksi dalam negeri. Pasokan bahan baku kertas pun melimpah di Indonesia.

Advertisement

Saat ini ada 81 industri pulp and paper di dalam negeri. Kapasitas produksinya mencapai 7,93 juta ton pulp per tahun untuk dan 12,98 juta ton per tahun untuk kertas. Dia mengatakan salah satu perusahaan nasional, Grup Sinarmas, sedang membangun pabrik pulp and paper terbesar di dunia. Setelah beroperasi peringkat industri kertas Indonesia akan naik tiga tingkat ke posisi 6.

(Baca: Pertumbuhan Produksi Manufaktur Mulai Membaik)

Pemerintah pun menyatakan akan memfasilitasi dan mendukung pembangunan pabrik ini. “Tidak semuanya gloomy. Karena investasinya saat ini sedang berjalan. Kita bangun the largest in the world Pulp and Paper. Seluruhnya untuk ekspor,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dalam acara sarasehan 100 ekonom Indonesia di Hotel Fairmont Selasa (6/12).

Pabrik yang dibangun PT OKI Pulp and Paper Mills di atas lahan seluas 1.700 hektare di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Kapasitas produksinya mencapai 2 juta ton pulp atau bubur kertas dan 500 ribu kertas tisu per tahun. Mayoritas produk diorientasikan untuk diekspor dengan porsi pulp 80 persen dan kertas 95 persen. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement