Jadi Bank Pembangunan, SMI Yakin Sri Mulyani Setuju

Ameidyo Daud Nasution
8 Desember 2016, 09:49
infrastruktur
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) meyakini Kementerian Keuangan akan memberikan lampu hijau kepada perusahaannya untuk menjadi development bank atau bank pembangunan. Hanya saja, saat ini Kementerian Keuangan masih menetapkan strategi, waktu, serta implementasi dan cakupan bank tersebut.

"Sebenarnya sudah lampu hijau, hanya mungkin perlu ditetapkan prioritasnya, lalu bagaimana nanti implementasinya," kata Direktur Utama Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Emma Sri Martini di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Rabu (7/12).

(Baca: Menteri Keuangan Kaji Ulang Pembentukan Bank Infrastruktur)

Dia mengatakan Kementerian Keuangan masih membahas rencana perubahan ini dengan kementerian dan lembaga lain yang merupakan pemangku kepentingan SMI. Sebagai pelaksana, SMI hanya bisa menunggu keputusan para pemegang saham terkait bagaimana bentuk bank ini dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia (LPPI).

Emma mengaku tidak mempermasalahkan seperti apa bentuk bank tersebut. Yang pasti dengan perubahan status bank pembangunan, SMI akan tetap melakukan pembiayaan sektor infrastruktur. Bahkan, dengan status yang baru ini, SMI akan memiliki cakupan pembiayaan yang semakin luas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...