16 Proyek Infrastruktur Strategis Nasional Telah Rampung

Ameidyo Daud Nasution
9 Desember 2016, 10:19
jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah menyatakan sudah 16 proyek strategis nasional (PSN) yang rampung pembangunannya saat ini. Nilai proyek yang sudah selesai ini mencapai Rp 25,9 triliun. Proyek strategis lainnya masih berjalan dan ada juga sedang dipersiapkan pembangunannya.

Semua proyek ini termasuk dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Totalnya ada 225 proyek infrastruktur serta satu program penyediaan listrik 35 ribu megawatt dalam rincian payung hukum ini.

"Jadi memang ada macam-macam proyek yang sudah selesai," kata Direktur Program Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Rainier Haryanto usai rapat di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (8/2).

(Baca: Kemenhub Usulkan 4 Proyek Kereta Masuk Strategis Nasional)

Berdasarkan data KPPIP 16 proyek tersebut adalah jalan Tol Gempol - Pandaan dengan nilai investasi Rp 1,1 triliun, Bandara Sentani Jayapura senilai Rp 1,4 triliun, Bandara Juwata Tarakan dengan nilai Rp 1,3 triliun, serta Bandara Mutiara Palu dengan nilai Rp 1,3 triliun. Ada juga pengembangan Bandara Matahora Wakatobi dan Bandara Labuan Bajo dengan nilai Masing-masing Rp 662 miliar, serta pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta senilai Rp 4,7 triliun.

Proyek lainnya adalah pembangunan tahap 1 pelabuhan Kalibaru dengan nilai investasi Rp 12 miliar, pembangunan pipa gas Belawan - Sei Mangkei senilai Rp 1,2 triliun, serta pembangunan Pos Lintas Batas Negara Mota'ain Kabupaten Belu dengan nilai Rp 82 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...