Rini Pesimistis Holding BUMN Migas Terbentuk Akhir 2016

Miftah Ardhian
13 Desember 2016, 15:40
Menteri BUMN, Rini Soemarno
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri BUMN, Rini Soemarno

Rencana pemerintah membentuk induk perusahaan (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun ini, kemungkinan tertunda. Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan pesimistis holding BUMN bisa terbentuk akhir tahun ini.

Rini memang sempat menargetkan dua holding BUMN, di sektor migas dan pertambangan, bisa terbentuk akhir tahun ini. Dia pun mengaku masih berupaya agar target pembentukan holding ini bisa terealisasi sebelum memasuki 2017. 

"Harapannya kalau bisa akhir tahun. Kalau tidak, ya tidak apa-apa. Saya harap permulaan tahun (2017) selesai," ujar Rini saat ditemui usai acara HUT KPR BTN, di Menara BTN, Jakarta, Selasa (13/12).

(Baca: Revisi Aturan Selesai, Migas dan Pertambangan Paling Siap Holding)

Dia mengaku hingga saat ini pembentukan holding migas sudah dalam tahap proses finalisasi. Revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 44 tahun 2005 sebagai dasar atau payung hukum pembentukan holding ini pun sudah diselesaikan. Namun, PP holding itu yang berisi tentang skema inbreng saham BUMN ke induk usahanya masih belum disetujui beberapa kementerian lain.

Sebenarnya, kata Rini, tidak ada kendala signifikan yang menghambat proses pembentukan holding migas ini. Hanya saja beberapa kementerian belum begitu paham mengenai hal ini. Sementara PP ini harus disetujui oleh kementerian terkait. Makanya Kementerian BUMN masih perlu memberikan pengertian-pengertian kepada Kementerian lainnya akan tujuan yang bisa dicapai dengan adanya pembentukan holding migas tersebut.

(Baca: PGN Belum Putuskan Nasib Saka Pasca Holding Migas Terbentuk)

Rini pun mengharapkan berbagai Kementerian dan pemangku kepentingan (stakeholder) terkait, bisa mengerti maksud dan tujuan pembentukan holding ini. Khususnya di sektor migas yang masih jadi prioritas utama. Dengan menjadikan PT Pertamina (Persero) sebagai induk usaha dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk., sebagai anak usahanya, BUMN migas dapat bersinergi dan membentuk perusahaan yang sangat kuat ke depannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...