OJK Godok Ulang Skenario Penyelamatan Bumiputera

Desy Setyowati
14 Desember 2016, 11:59
Gedung OJK
Donang Wahyu|KATADATA
Gedung OJK

Skenario restrukturisasi Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera masih mungkin berubah. Bahkan, terbuka kemungkinan skenarionya tak melibatkan penerbitan saham baru (rights issue) oleh PT Evergreen Invesco Tbk. Apalagi, hingga kini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum merestui aksi korporasi tersebut.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani menuturkan, OJK dan pengelola statuter Bumiputera masih membahas semua opsi yang ada. “Ada pilihan apakah melalui (perusahaan) tbk (terbuka) yang akuisisi perusahaan atau bisa saja tidak. Kan persetujuan di pasar modal belum,” katanya di Jakarta, Selasa (13/12).

(Baca juga: Sri Mulyani Pantau Langkah OJK Selamatkan Bumiputera)

Bila melalui pasar modal, OJK masih menimbang-nimbang apakah restrukturisasi akan dijalankan sekaligus atau bertahap. Namun, bila melihat perkembangan terakhir di prospektus Evergreen, tampaknya restrukturisasi memang direncanakan bertahap. Evergreen telah menurunkan nilai rights issue dari semula Rp 30 triliun menjadi Rp 10,33 triliun.

Dalam menentukan skenario yang dipakai, OJK dan pengelola statuter juga akan mempertimbangkan kesepakatan terkini dengan investor. Investor yang dimaksud Firdaus yaitu mitra strategis yang berpeluang mengakuisisi anak usaha AJB Bumiputera, yaitu PT Bumiputera 1912 (B1912), di luar pasar modal.

Sekadar catatan, B1912 merupakan perusahaan yang dipersiapkan untuk menjadi induk usaha untuk melanjutkan dua lini bisnis AJB Bumiputera yaitu di bidang asuransi dan properti. (Baca juga: Pertaruhan “Akrobat” Penyelamatan Bumiputera)

“Kan gak bisa di pasar modal tapi dia (mitra strategis) bawa langsung modal, bisa saja. Tapi semua masih proses,” kata Firdaus. Sebelumnya, dia memang sempat mengatakan, investor bisa masuk sekarang atau nanti saat Bumiputera sudah dibenahi. Artinya, B1912 sudah siap meneruskan bisnis AJB Bumiputera.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...