Pengadaan Rumah Rakyat Terkendala Harga Hingga Mafia Tanah

Desy Setyowati
14 Desember 2016, 15:40
Perumahan
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah kesulitan mencukupi kebutuhan rumah rakyat. Hingga saat ini, kekurangan rumah (backlog) mencapai 13,5 juta unit. Adapun kebutuhan rumah setiap tahun 800 ribu unit, namun baru terpenuhi 400 ribu unit.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan, ada sederet kendala dalam memenuhi kebutuhan rumah, dari mulai tingginya harga tanah hingga keberadaan mafia tanah. Untuk mengatasi kendala harga, pihaknya berencana merealisasikan pembentukan bank tanah.

"Kami akan buat Peraturan Pemerintah (PP) pembentukan bank tanah, nanti bank tanah ini institusi yang mengelola tanah di bawah Kementerian ATR/BPN, Insya Allah beroperasi 2017," kata Sofyan saat acara diskusi bertajuk ‘Peran Perbankan dalam Mendukung Sektor Properti Sebagai Lokomotif Perekonomian’ di Jakarta, Rabu (14/12).

Bank tanah bisa mengambil tanah-tanah yang terbengkalai sehingga harga tanah untuk perumahan dapat terkontrol. Rencananya, PP pembentukan bank tanah bakal keluar sebelum Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanahan selesai dibahas di DPR. (Baca juga: Jadi Holding, Perumnas Targetkan Pembangunan Rumah Naik 4 Kali Lipat)

CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghada mendukung rencana pemerintah membentuk bank tanah. “Instrumen yang bisa kendalikan harga tanah adalah bank tanah. Tanpa itu ya market mechanism, enggak ada rambu-rambunya,” kata dia.

Ali menjelaskan, selama ini, lonjakan harga tanah terjadi karena harga ditentukan mekanisme pasar. Alhasil, ketika harga naik, pengembang pun kebingungan menjualnya. Padahal, masih banyak yang membutuhkan rumah. “Sekarang kalau dengan tipe yang sama harganya naik, ada tidak market-nya? Kami kesulitan jual,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Direktur Sinarmas Land Ignesjz Kamalawarta. Agar bisa mengatasi backlog, diperlukan percepatan realisasi bank tanah. “Dengan bank tanah, harga bisa dijangkau,” kata dia. (Baca juga: BTN: Tahun Depan Bunga KPR Mungkin Turun)

Selain mengatasi kendala harga melalui bank tanah, pemerintah tengah berupaya menghapus keberadaan mafia tanah melalui RUU Pertanahan. Mafia tanah dinilai turut menghambat pemenuhan perumahan rakyat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...