Skenario Dagang Indonesia – Amerika Serikat: Dengan Trump, Tanpa TPP

Image title
15 Desember 2016, 14:27
Donald Trump
Katadata

Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat tak akan berdampak signifikan bagi hubungan dagang negeri adidaya itu dengan Indonesia. Seorang diplomat senior Amerika Serikat menyatakan bahwa Indonesia masih akan menjadi mitra penting bagi negaranya.

“Indonesia adalah mitra potensial bagi Amerika,” kata Jim Mullinax, Konsul Ekonomi Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia dalam sebuah diskusi di Kementerian Perdagangan, Jakarta, 15 Desember 2016. 

Dari sisi perdagangan, Jim mengungkapkan, Indonesia termasuk dalam daftar 15 negara yang neraca perdagangannya surplus dengan AS. “Melihat posisi Indonesia sebagai salah satu eksportir terbesar bagi Amerika Serikat,  Saya berharap pemerintah kedua negara dapat segera menjalin komunikasi untuk meningkatkan hubungan dagang ke depan.”

Tahun lalu, Badan Pusat Statistik mencatat, total perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat mencapai US$ 23,83 miliar. Di mana, Indonesia mengalami surplus sebesar US$ 8,64 miliar. Begitu juga hingga September 2016 lalu, neraca perdagangan Indonesia telah surplus US$ 6,53 miliar dengan Amerika Serikat.

Grafik: Nilai Ekspor Indonesia ke Amerika dan Cina 2010-2015
Nilai Ekspor Indonesia ke Amerika dan Cina 2010-2015

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...