Dapat Penugasan, Pertamina Kebut Bangun Kilang Bontang

Anggita Rezki Amelia
16 Desember 2016, 15:41
kilang cilacap
Katadata

PT Pertamina (Persero) akan mempercepat proses pembangunan kilang minyak di Bontang, Kalimantan Timur. Hal ini sebagai tindak lanjut dari keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang mengubah skema pembangunan kilang tersebut menjadi penugasan kepada Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menyatakan, Pertamina siap melaksanakan penugasan tersebut. Perusahaan negara ini juga optimistis dapat mempercepat pembangunan Kilang Bontang karena tidak memulai proyek itu dari nol. (Baca: Aturan Terbit, Jonan Tugaskan Pertamina Bangun Kilang Bontang)

Advertisement

Menurut Wianda, perkembangan pembangunan Kilang Bontang saat ini berada pada titik lima sampai enam dari skala 10. “Kami menyambut baik penugasan dari pemerintah dan akan berupaya semaksimal merealisasikan proyek tersebut sehingga dapat dilaksanakan sesuai target pemerintah,” katanya dalam penjelasan tertulisnya, Jumat (16/12).

Pertamina juga sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan Kilang Bontang. Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Rachmad Hardadi pernah mengatakan, Kilang Bontang akan berdampingan dengan fasilitas Kilang LNG Bontang yang dioperasikan PT Badak NGL. (Baca: Kebut Kilang Bontang, Pertamina Pakai Aset Badak NGL)

Selain ketersediaan lahan, beberapa fasilitas dan infrastruktur pendukung operasi kilang LNG juga penting disiapkan. Fasilitas dan infrastruktur tersebut antara lain 21 unit boiler kualitas tinggi, pembangkit listrik, tangki penyimpanan, dan fasilitas umum lainnya untuk mendukung pengoperasian kilang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement